Sudah 1 tahun tepatnya pada desember 2019, virus
corona menjadi wabah yang menakutkan sejak pertama kali muncul di kota wuhan,
china. yang kemudian menyebar ke beberapanegara seperti, amerika, india,
brazil, rusia, peru, dan lainnya. sejarah perkembangan virus corona (COVID-19)
di Indonesia terjadi pada bulan maret 2020 di wilayah depok, jawa baratdengan
ditemukannya dua warga yang terinveksi virus corona, hingga data pada tanggal
28 maret 2020 tercatat jumlah wargayang terinveksi positif virus corona
berjumlah 1,155 jiwa danwarga yang meninggal dunia akibat virus corona
berjumlah 102 jiwa.
Banyak warga yang merasakan kesulitan, keresahan,
dankekhawatiran akibat masuknya virus corona ke Indonesia. Di tambah beberapa
daerah menerapkan PSBB(Pembatasan SosialBerskala Besar), yang mengakibatkan
para pekerja banyak yang di-berhentikan karena perusahaan tidak dapat berjalan.
Namun, tidak semua perusahaan melakukan hal tersebut ada yang menerapkan WFH
(Work From Home) seperti, guru, pegawaikantor, pegawai pemerintah, dan lainnya.
ada juga yang diperbolehkan oleh pemerintah untuk tetap beroperasi
tentunyadengan menerapkan Protokol Keshatan seperti, pedagang sayur, toko
klontong, pasar , dll.
Begitu
halnya para pelajar dan mahasiswa yang harus mulaibelajar dari rumah, dengan
dibantu aplikasi pembelajaranseperti, Ruangguru, Zenius, Kelas Pintar,
Pahamify, Zoom Meeting, dll. Tentu peran mereka begitu penting dalammembantu
dalam pembelajaran jarak jauh yang saat ini di terapkan oleh pemerihtah untuk
memutuskan mata rantai virus corona, mengingat anak-anak sangat rentan dengan
virus corona. Meskipun Demikian, dalam pembelajaran PJJ diperlukan
sebuahhandphone atau computer dan kuota yang cukup agar dapatmengakses dan
megikuti kegiatan pembelajaran. di Indonesia tidak semua memilik handphone atau
computer yang cukupkarena rata-rata dari mereka hanya memiliki satu buah yang
dimana mereka harus berbagi dengan kakak atau adik mereka. oleh
karena banyak dari pemerintah dan perusahaan yang dengan sukarela
membantu dengan memberikan kuota danhandphone gratis bagi warga tidak mampu
untuk membelinya dan terkadang, tidak sedikit dari mereka yang merasa
tidakcukup puas dengan pembejaran saat ini. oleh karena itu, adapun keuntungan
dan kerugian dari aplikasi pembelajaran jarak jauh yaitu :
1. Praktis
dan fleksibel Dengan online learning, interaksi antara guru dan siswa akan
lebih praktis karena tidak harus menempuh perjalanan untuk bertemu.
2. Pendekatan
yang lebih sesuai, Online learning menggunakan pendekatan teknologi yang lebih
sesuai pelajar masa kini dibandingkan metode konservatif belajar di kelas.
3. Pengalaman
belajar yang menyenangkan, Online learning sudah melepaskan item-item
pembelajaran di kelas seperti guru dengan spidol dan papan tulis, serta siswa
dengan catatan dan pulpen.
4. Hemat waktu dan biaya, Dalam pembelajaran
konvensional selama dua jam, misalnya, dibutuhkan waktu setidaknya 3 jam hingga
kelasdimulai karena perpindahan ruang.
5. Mudah
didokumentasi, Dengan metode pembelajaran konvensional, siswa perlumencatat
atau untuk membuat salinan materi pelajaran untuk diri mereka.
6. Ramah
lingkungan, Dengan berkurangnya mobilitas, secara tidak langsungkamu sudah
mengurangi polusi yang ditimbulkan olehkendaraan bermotor.
7. Alternatif
selama social distancing, Wabah covid-19 membuat kita harus membatasi interaksi
sosial untuk memutus rantai penyebarannya, termasuk proses belajar mengajar di
kelas.
Kerugian dari aplikasi pembelajaran online adalah sebagaiberikut :
1. Keterbatasan
akses internet
Jika Anda berada di daerah yang tidak
mendapatkanjangkauan internet stabil, maka akan sulit bagi Anda untukmengakses
layanan e learning. Selain itu, harga pemakaian data internet juga masih dirasa
cukup mahal untuk beberapakalangan masyarakat Indonesia. Hal ini
menyebabkankemampuan untuk memanfaatkan e-learning masihdianggap sebagai suatu
keistimewaan.
2. Berkurangnya
interaksi dengan pengajar
Beberapa metode pembelajaran e-learning
bersifat satuarah. Hal tersebut, menyebabkan interaksi pengajar dansiswa menjadi
berkurang.
3. Pemahaman
terhadap materi
Beberapa orang mungkin dapat menangkap
materi denganlebih cepat hanya dengan membaca, namun ada jugayang membutuhkan
waktu lebih lama sampai benar-benarpaham. Bahkan ada juga yang membutuhkan
penjelasandari orang lain agar dapat memahami materi yang dipelajari.
4. Minimnya
Pengawasan dalam Belajar
Kurangnya pengawasan dalam melakukan
pembelajaransecara daring membuat pengguna e-learning kadangkehilangan fokus.
Sumber / Referensi :
https://news.detik.com/berita/d-4956764/penyebab-asal-mula-dan-pencegahan-virus-corona-di-indonesia
http://www.wantiknas.go.id/id/berita/empat-kelebihan-dan-kekurangan-dalam-menerapkan-e-learning
Terus posting artikel menarik lainnya!
BalasHapusKeren dan bermanfaat sekali , semangat terus bikin artikelnya!!
BalasHapus