Sabtu, 20 Maret 2021


WIRAUSAHA DIGITAL ITU KEREN #2
 

Ditulis Oleh Audy Kurnia Tri Saely


Kewirausahaan teknologi digital telah memberikan dampak yang luar biasa di dunia. Usaha digital yang dibangun melalui jejaring internet seperti Google, Facebook, atau Microsoft telah mampu mengubah dunia serta telah membentuk pola komunikasi yang luas. Digitalisasi juga berdampak terhadap pengembangan wirausaha baru. Potensi pengembangan usaha baru meningkat karena adanya peluang digitalisasi cabang usaha maupun mengubah usaha dari offline menjadi online. Wirausaha Digital itu sendiri adalah subkategori dari kewirausahaan dimana organisasi tradisional yang bergerak secara fisik di digatalisasikan, sehingga wirausaha tradisional berubah dalam bentuk usaha baru di era digital. Pada zaman sekarang banyak sekali kaum milenial yang mencoba untuk berbisnis digital tetapi masih kurang pemahaman atau edukasi mengenai kewirausahaan digital tersebut.

Bapak Ir. IBM Jayamarta M.M selaku Manager IT di PT.Indoguna, Beliau memberikan informasi mengenai segala sesuatu di bidang digital, hal yang pertama dan paling mendasar itu adalah alasan mengapa ber – wirausaha digital itu penting yaitu karena berbelanja melalui internet pun sangat mudah dan efektif. Maka dari itu ber – wirausaha digital itu sangat penting untuk kaum milenial yang ingin memulai ber – wirausaha.

Sebelum menjadi pebisnis lebih baik belajar mengenai kompetensi atau kemapuan apa yang harus dimiliki oleh pebisnis pemula untuk menghasilkan bisnis yang lancar dan sukses, salah satunya dengan memiliki target finasial. Caranya dengan mampu menarik perhatian pelanggan baru dengan berinovasi membuat produk yang menarik minat pelanggan dan harus pintar – pintar dalam pemasaran dengan menggunakan iklan, menyebar brosur dan lainnya adapula dengan membangun kemitraan entah itu dengan sesama pebisnis atau pelanggan. Contohnya dengan sesama pebisnis, jika produk yang jual berhubungan dengan makanan bisa saja kita membangun kemitraan dengan rumah makan, atau bisnis kita di bidang fashion bisa juga kita membangun kemitraan dengan pihak mall atau pameran, bisa juga dengan memberi diskon atau bonus lainnya agar semakin banyak peminat pada produk yang akan di jual. Lalu bisa membuat pelanggan lama akan tetap menggunakan produk dengan memberikan mereka potongan atau bonus karena telah membeli produk sebelumnya. Selain menarik pelanggan ada pula cara untuk tetap mencapai target finansial lain yaitu dengan menghemat biaya yaitu dengan pintar mengatur keuangan yang keluar maupun yang masuk dan ada juga aset produktif yaitu dengan menjaga dan memelihara lingkungan kerja maupun keselamatan pegawai. Kepuasaan pelanggan dan proses di dalam lingkup pekerjaan akan menghasilkan target finansial maka dari itu hal dasar yang harus dimiliki oleh pebisnis adalah mau belajar dan berkembang.

Tidak hanya hal itu saja, melayani pelanggan pun adalah salah satu kompetensi yang penting juga agar lancarnya penjualanan produk. Lalu hal yang penting juga adalah ketersediaan, Yang dimaksud adalah barang atau produk yang kita jual harus selalu ada atau siap untuk diperjual belikan jangan sampai barang habis padahal masih ada pelanggan yang ingin membeli. Lalu hal lain juga yaitu menjaga citra perusahaan atau produk, menjaga nama baik itu sangat penting untuk kelancaran penjualanan produk.

Bukan hanya dengan target finansial saja, kompetensi atau kemampuan dalam berkomunikasi juga perlu. Berkomunikasi yang baik adalah kunci lancarnya suatu bisnis, pebisnis harus mampu menjelaskan secara berulang mengenai produk yang dijual, mampu promosi kepada investor atau pelanggan. Lalu ada finansial, seperti yang sudah dijelaskan diatas pebisnis yang sukses adalah yang mampu mengatur keuangan masuk maupun keluar. Lalu ada merk atau citra adalah ciri khas dari produk yang akan dijual, semakin menarik produknya semakin pelanggan atau investor tertarik mencoba ataupun membeli. Lalu ada pemasaran, percuma saja memiliki bisnis yang bagus jika tidak ada yang mengetahuinya. Dengan pemasaran ini lah produk dikenal banyak orang maka untuk para pebisnis pemula harus mampu memasarkan produk semakin mungkin. Ada pula networking atau menjalin tali silahturhmi, ini adalah kunci lancarnya suatu bisnis juga. dengan lancarnya tali silahturhmi akan semakin baik bisnis yang kita jalani. Lalu hal yang penting juga adalah desaign, desaign yang menarik akan menarik minat para pelanggan maupun investor. Tapi bukan hanya tampilannya saja tetapi fungsinya pun harus ada. Lalu ada hal penting juga yaitu analisis, maksudnya itu mau sekuat atau sebagus apa firasat kita. Kita harus tetap membuat suatu keputusan dengan data yang valid dan tidak sembarangan mengambil keputusan begitu saja. Lalu teknikal, sebagai pebisnis di zaman sekarang harus bisa menggunakan digital maka dari itu pebisnis setidaknya tahu akan hal – hal dasar digital. Dan yang terakhir itu adalah learning. Online Learning itu sangatlah penting pada zaman sekarang karena segala sesuatu sudah menggunakan media online atau digital, dengan memahami atau belajar online ini akan meningkatkan kinerja suatu bisnis.

Tidak hanya peluang maupun kompetensi yang harus dimiliki maupun diketahui oleh para pebisnis ada pula beberapa hal yang membuat kendala-kendala berwirausaha dapat diminimalisir dalam era digital ini, yakni dengan membuat upaya berwirausaha menjadi lebih cepat, lebih terjangkau, lebih mudah, bahkan menciptakan banyak kesempatan kolaborasi sehingga dapat membuat suatu usaha menjadi lebih efektif. Dunia digital menawarkan sumber daya baru yang sangat luas bagi para wirausahawan untuk memanfaatkan, mulai dari pengumpulan data terbuka, konten, kode, dan layanan yang tumbuh secara eksponensial hingga kontribusi online pengguna dan komunitas di seluruh dunia. Dunia digital juga menyediakan cara baru untuk menggabungkan sumber daya ini. Misalnya, bisnis kecil dapat memanfaatkan jaringan periklanan besar, chatbot,freelancer global, atau penerjemahan bahasa hanya dengan beberapa klik atau beberapa baris kode.

Wirausaha digital merupakan fenomena yang semakin berkembang saat ini. Wirausaha digital banyak berada di perguruan tinggi serta memilki banyak potensi untuk dikembangkan seperti tidak dianggap sebagai pesaing, mampu mengalisis informasi persaingan untuk mencari persaingan pasar. Keberadaan wirausaha digital tentunya menjadi potensi besar bagi pemerintah, perguruan tinggi dan industri. Peran pemerintah dalam membuat regulasi yang mendorong terbentuknya 1000 startup setiap tahunnya tentunya tidak semata-mata melalui regulasi. Akan tetapi pemerintah juga perlu menjadi mediator kerjasama perguruan tinggi dan industri. Perguruan tinggi satu pihak memiliki potensi riset dan pengembangan inovasi, namun kekurang sumberdaya yang mendukung potensi tersebut. Pihak industri memiliki sumberdaya pendanaan khususnya akan tetapi lemah dalam melakukan pengembangan riset dan inovasi tekhnologi. Peran pemerintah menjadi mediator untuk memeprtemukan kedua belah pihak merupakan potensi untuk menciptakan wirausaha digital. Lalu pada akhirnya, membangun kewirausahaan digital dipercaya akan banyak mendorong UMKM juga dan akan bisa go digital. Sehingga dapat menarik banyak aktivitas ekonomi yang pada akhirnya berpotensi meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Termasuk menciptakan inovasi dan ekosistem perekonomian Indonesia yang lebih baik dan lancar untuk kedepannya.

 


artikel sudah diposting di Dunia Kampus 4.0

https://www.duniakampus40.net/

3 komentar:

  PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PERGURUAN TINGGI BERBASIS KARAKTER DI ERA DISRUPSI Ditulis Oleh Audy Kurnia Tri Saely Revolusi industri 4.0 mer...