WIRAUSAHA
DIGITAL ITU KEREN #2
Ditulis Oleh Audy Kurnia Tri Saely
Bapak Ir. IBM Jayamarta M.M selaku Manager IT di
PT.Indoguna, Beliau memberikan informasi mengenai segala sesuatu di bidang
digital, hal yang pertama dan paling mendasar itu adalah alasan mengapa ber –
wirausaha digital itu penting yaitu karena berbelanja melalui internet pun
sangat mudah dan efektif. Maka dari itu ber – wirausaha digital itu sangat
penting untuk kaum milenial yang ingin memulai ber – wirausaha.
Sebelum menjadi pebisnis lebih baik belajar mengenai
kompetensi atau kemapuan apa yang harus dimiliki oleh pebisnis pemula untuk
menghasilkan bisnis yang lancar dan sukses, salah satunya dengan memiliki
target finasial. Caranya dengan mampu menarik perhatian pelanggan baru dengan
berinovasi membuat produk yang menarik minat pelanggan dan harus pintar –
pintar dalam pemasaran dengan menggunakan iklan, menyebar brosur dan lainnya
adapula dengan membangun kemitraan entah itu dengan sesama pebisnis atau
pelanggan. Contohnya dengan sesama pebisnis, jika produk yang jual berhubungan
dengan makanan bisa saja kita membangun kemitraan dengan rumah makan, atau
bisnis kita di bidang fashion bisa juga kita membangun kemitraan dengan pihak
mall atau pameran, bisa juga dengan memberi diskon atau bonus lainnya agar
semakin banyak peminat pada produk yang akan di jual. Lalu bisa membuat
pelanggan lama akan tetap menggunakan produk dengan memberikan mereka potongan
atau bonus karena telah membeli produk sebelumnya. Selain menarik pelanggan ada
pula cara untuk tetap mencapai target finansial lain yaitu dengan menghemat
biaya yaitu dengan pintar mengatur keuangan yang keluar maupun yang masuk dan
ada juga aset produktif yaitu dengan menjaga dan memelihara lingkungan kerja
maupun keselamatan pegawai. Kepuasaan pelanggan dan proses di dalam lingkup
pekerjaan akan menghasilkan target finansial maka dari itu hal dasar yang harus
dimiliki oleh pebisnis adalah mau belajar dan berkembang.
Tidak hanya hal itu saja, melayani pelanggan pun adalah salah
satu kompetensi yang penting juga agar lancarnya penjualanan produk. Lalu hal
yang penting juga adalah ketersediaan, Yang dimaksud adalah barang atau produk
yang kita jual harus selalu ada atau siap untuk diperjual belikan jangan sampai
barang habis padahal masih ada pelanggan yang ingin membeli. Lalu hal lain juga
yaitu menjaga citra perusahaan atau produk, menjaga nama baik itu sangat
penting untuk kelancaran penjualanan produk.
Bukan hanya dengan target finansial saja, kompetensi atau
kemampuan dalam berkomunikasi juga perlu. Berkomunikasi yang baik adalah kunci
lancarnya suatu bisnis, pebisnis harus mampu menjelaskan secara berulang
mengenai produk yang dijual, mampu promosi kepada investor atau pelanggan. Lalu
ada finansial, seperti yang sudah dijelaskan diatas pebisnis yang sukses adalah
yang mampu mengatur keuangan masuk maupun keluar. Lalu ada merk atau citra
adalah ciri khas dari produk yang akan dijual, semakin menarik produknya
semakin pelanggan atau investor tertarik mencoba ataupun membeli. Lalu ada
pemasaran, percuma saja memiliki bisnis yang bagus jika tidak ada yang
mengetahuinya. Dengan pemasaran ini lah produk dikenal banyak orang maka untuk
para pebisnis pemula harus mampu memasarkan produk semakin mungkin. Ada pula
networking atau menjalin tali silahturhmi, ini adalah kunci lancarnya suatu
bisnis juga. dengan lancarnya tali silahturhmi akan semakin baik bisnis yang
kita jalani. Lalu hal yang penting juga adalah desaign, desaign yang menarik
akan menarik minat para pelanggan maupun investor. Tapi bukan hanya tampilannya
saja tetapi fungsinya pun harus ada. Lalu ada hal penting juga yaitu analisis,
maksudnya itu mau sekuat atau sebagus apa firasat kita. Kita harus tetap
membuat suatu keputusan dengan data yang valid dan tidak sembarangan mengambil
keputusan begitu saja. Lalu teknikal, sebagai pebisnis di zaman sekarang harus
bisa menggunakan digital maka dari itu pebisnis setidaknya tahu akan hal – hal
dasar digital. Dan yang terakhir itu adalah learning. Online Learning itu
sangatlah penting pada zaman sekarang karena segala sesuatu sudah menggunakan
media online atau digital, dengan memahami atau belajar online ini akan
meningkatkan kinerja suatu bisnis.
Tidak hanya
peluang maupun kompetensi yang harus dimiliki maupun diketahui oleh para
pebisnis ada pula beberapa hal yang membuat kendala-kendala berwirausaha dapat
diminimalisir dalam era digital ini, yakni dengan membuat upaya berwirausaha
menjadi lebih cepat, lebih terjangkau, lebih mudah, bahkan menciptakan banyak
kesempatan kolaborasi sehingga dapat membuat suatu usaha menjadi lebih efektif.
Dunia digital menawarkan sumber daya baru yang sangat luas bagi para
wirausahawan untuk memanfaatkan, mulai dari pengumpulan data terbuka, konten,
kode, dan layanan yang tumbuh secara eksponensial hingga kontribusi online
pengguna dan komunitas di seluruh dunia. Dunia digital juga menyediakan cara
baru untuk menggabungkan sumber daya ini. Misalnya, bisnis kecil dapat
memanfaatkan jaringan periklanan besar, chatbot,freelancer global, atau penerjemahan
bahasa hanya dengan beberapa klik atau beberapa baris kode.
Wirausaha
digital merupakan fenomena yang semakin berkembang saat ini. Wirausaha digital
banyak berada di perguruan tinggi serta memilki banyak potensi untuk
dikembangkan seperti tidak dianggap sebagai pesaing, mampu mengalisis informasi
persaingan untuk mencari persaingan pasar. Keberadaan wirausaha digital
tentunya menjadi potensi besar bagi pemerintah, perguruan tinggi dan industri.
Peran pemerintah dalam membuat regulasi yang mendorong terbentuknya 1000
startup setiap tahunnya tentunya tidak semata-mata melalui regulasi. Akan
tetapi pemerintah juga perlu menjadi mediator kerjasama perguruan tinggi dan
industri. Perguruan tinggi satu pihak memiliki potensi riset dan pengembangan
inovasi, namun kekurang sumberdaya yang mendukung potensi tersebut. Pihak
industri memiliki sumberdaya pendanaan khususnya akan tetapi lemah dalam
melakukan pengembangan riset dan inovasi tekhnologi. Peran pemerintah menjadi
mediator untuk memeprtemukan kedua belah pihak merupakan potensi untuk
menciptakan wirausaha digital. Lalu pada akhirnya, membangun kewirausahaan
digital dipercaya akan banyak mendorong UMKM juga dan akan bisa go digital.
Sehingga dapat menarik banyak aktivitas ekonomi yang pada akhirnya berpotensi
meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Termasuk menciptakan inovasi dan
ekosistem perekonomian Indonesia yang lebih baik dan lancar untuk kedepannya.
Keren dan bermanfaat sekali , semangat terus bikin artikelnya!!
BalasHapusTerus posting artikel menarik lainnya!
BalasHapusArtikelnya menarik dan bermanfaat sekali
BalasHapus